-->

Resep Membuat Kerang Lempah Kuning ENAK

Kerang lempah kuning adalah hidangan seafood yang populer di Indonesia, terutama di daerah pesisir. Hidangan ini terdiri dari kerang yang dimasak bersama bumbu-bumbu rempah dan santan yang kemudian disajikan dengan kuah kuning yang kental dan gurih.



Untuk membuat kerang lempah kuning, terlebih dahulu kerang dicuci bersih dan direbus hingga matang. Kemudian, bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan cabai dihaluskan dan digoreng hingga harum. Setelah itu, tambahkan santan dan bumbu lain seperti daun salam, serai, dan garam ke dalam wajan dan aduk rata. Setelah kuah mulai mendidih, tambahkan kerang dan aduk rata dengan kuah hingga bumbu meresap ke dalam kerang. Terakhir, hidangan kerang lempah kuning siap untuk disajikan dengan taburan daun ketumbar di atasnya.

Hidangan ini memiliki rasa yang gurih, pedas, dan sedikit manis dari kuah kuning yang kental dan aromatik. Kerang yang menjadi bahan utamanya juga sangat lezat dan kaya akan nutrisi, seperti protein dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahan:

- 800 gr kerang segar
- 10 cabai rawit utuh
- 1 buah tomat
- 850 ml air
- 1 jempol lengkuas, geprek
- 2 batang serai, geprek
- 1 sdm asam jawa, campur sedikit air, remas, dan buang ampasnya
- Garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:

- 8 siung bawang merah
- 1 jempol kunyit, bakar terlebih dahulu
- 10 cabai rawit
- 2 cabai keriting
- 1 sdt terasi

Cara membuat:

1. Cuci bersih kerang, sikat bagian cangkangnya dan bilas diair mengalir. Kemudian sisihkan.
2. Siapkan panci, kemudian rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bumbu halus, serai dan lengkuas. Masak hingga bau langu hilang.
3. Kemudian masukkan kerang, air asam, gula dan garam secukupnya, lalu tutup panci dan masak selama 10 menit.
4. Terakhir masukkan potongan tomat dan cabai butir, jangan lupa koreksi rasa.
5. Angkat dan siap disajikan.

Kerang lempah kuning biasanya disajikan sebagai hidangan utama di acara-acara spesial atau sebagai hidangan khas restoran seafood. Namun, Anda juga dapat menikmati hidangan ini di rumah dengan mudah. Rasakan sensasi lezatnya kerang lempah kuning yang menggugah selera ini di rumah Anda sendiri!

x